Contoh Pidato, Judul (Pahlawan Masa Kini)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahterah bagi kita semua

Bapak ibu guru yang saya hormati,

Segenap staf dan karyawan yang saya hormati,

Serta seluruh siswa SMAN SumSel yang saya banggakan,

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan karuniannya kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat wal’afiat tanpa kekurangan suatu apappun. Pada hari pahlawan ini bapak ingin menyampaikan sebuah pidato yang berjudul “Pahlawan Masa Kini”.

Pahlawan adalah orang yang rela mengorbankan jiwa raga dan harta benda demi bangsa dan Negara, mereka bersedia memanggul senjata dan pergi kemedan perang, sekalipun harus meninggalkan keluarga yang sedang ada dirumah, tujuannya satu yaitu meraih kemerdekaan bagi Indonesia. Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya”. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan sebagi bangsa Indonesia saat ini untuk menhargai jasa para pahlawan diantaranya adalah dengan cara melanjutkan perjuangannya di masa kini.

Anak-anak siswa SMAN SumSel yang bapak sayangi, cara yang dapat kita tempuh untuk melanjutkan perjuangan pahlawan di masa kini adalah melalui proses berfikir kreatif dan berkarya. Pahlawan di zaman sekarang tidak lagi harus berurusan dengan senjata danpeperangan, pahlawan pada masa kini adalah orang yang mampu memberikan sumbangsih kepada bangsa dan Negara sesuai dengan kemampuan masing-masing, semua profesi dapat dianggap sebagai pahlawan ketika memberikan dampak positif kepada masyarakat. Kita ambil contoh musisi, seorang musisi yang mampu mencipatakan lagu yang menginspirasi orang lain adalah pahlawan dalam bidannya.

Di Amerika Serikat Steve Jons pendiri Apple, dianggap sebagai pahlawan masa kini bagi bangsanya karena tidak hanya memberikan kebanggaan kepada bangsanya, akan tetapi juga menjadi seorang inspirator bagi bangsa tersebut. Bagai mana dengan Indonesia ? kita sebenarnya memiliki orang-orang seperti itu namun jumlahnya masih sangat sedikit, diantara pahlawan indonesi masa kini adalah Para atelet, mereka membawa nama harum bangsa indonesia di kancah internasional, seperti halnya susisusanti yang mengharumkan nama bangsa dari permainan bulutangkis ynag dilakoninya. selain itu, sebenarnya di daerah-daerah Indonesia ada pahlawan-pahlawan masa kini yang tidak terlalu terekspose layaknya seorang atlet, namun memberikan sumbangsih besar bagi masyarakat sekitar, Tri Mumpuni dan Hasadin juaini merupakan contohnya mereka menjadi pahlawan sesuai kemampuan masing-masing. Tri Mumpuni membuat sebuah pembangkit listrik mikrohidrio untuk daerah pedesaansekitar tempat tinggalnya sehingga desa-desa yang mendapat listrik dari pembangkit listrik tersebut mampu menikmati terangnya lampu saat malam hari. Sedangkan Hsadin juani menerangi masayarakat di sekitarnya (Lombok barat) melalui pendidikan dari pesantren yang didirikannya.

Anak-anak siswa SMAN SumSel yang bapak banggakan, janganlah kita berpikir tentang apa saja yang dapat diberikan oleh negara kepada kita, tetapi berpikirlah tentang apa yang dapat kita lakukan untuk Negara.

Jadi saya menghimbau kepada semua yang ada disini, marilah kita bersama-sama mengembangkan kemampuan kita masing-masing sesuai profesi yang kita jalani, mendahulukan kepentingan bersama dari pada kepentingan pribadi, menjadi seorang inspirator untuk orang lain, sehingga kita bisa menjadi pahlawan masakini yang sebenarnya. Meneruskan perjuangan pahlawan terdahulu, berusaha terus membangun Indonesia menjadi lebih baik dari sekarang serta mengharumkan nama bangsa di kancah internasional dengan prestasi dan karya-karya cemerlang..

Demikianlah pidato saya pada kali ini, terima kasih atas segala perhatiannya, semoga apa yang telah saya sampaikan bermanfaat bagi kita semua, jika dalam penyamapaian pidato tersebut ada kata-kata yang tidak berkenaan saya mohon maaf dan kepada Allah saya mohon ampun. Akhir kata saya ucapkan

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s