Contoh paragraf Argumentasi, Judul (Facebook Dilema)

Facebook dilema

oleh : Achyar Ulul Amri

   Di era modern saat ini, orang bisa mendapatkan berbagai informasi hanya dalam satu klikan tangan.internet membuat semua orang didunia dari seluruh dunia bisa bertemu dalam waktu yang sama dan tempat yang sama, kapan saja dan dimana saja ditempat yang sering kita sebut dengan dunia maya (internet).

   Facebook adalah salah satu jejaring sosial yang terdapat diinternet, pembuatnya adalah remaja muda dari New York bernama Mark Elliot Zuckerberg, sejak peluncuran pertamanya hingga sekarang pengguna facebook telah berjumlah 850 juta dari seluruh dunia.

   Banyak orang yang senang membuka akun facebook mereka untuk chatting , bermain game, mengapdate status, gambar ataupun video untuk di bagi dengan teman, banyak fasilitas yang menarik yang ditawarkan facebook untuk menarik kita penggunanya.

   Seperti yang kita tahu fungsi utama dari facebook adalah sebagai sarana jejaring sosial yang dapat digunakan untuk berbagi informasi apapun antar teman, dengan facebook kita bisa menemukan teman lama dan teman baru, hal ini dapat memungkinkan kita dapat memiliki teman dari segala penjuru dunia .

  Pada kenyataannya facebook tidak hanya memberikan kemudahan-kemudahan bagi penggunnanyan namun disisi lain banyak pula efek negatif yang diterima oleh pengguna facebook itu sendiri, seperti :

1. Menurunkan kepekaan sosial terhadap lingkungan sekitar

orang yang terlalu sering menggunakan facebook, akan kurang melakukan bebrbagai aktifitas menyangkut kepentingan sosial sekitar, mungkin sampai- sampai ia lebih peduli dengan kasus yang terdapat di facebook dibandingkan dengan kasus yang dialami tetangganya sendiri. Contohnya saja kasus Koin Peduli prita, kasus yang menyangkut ibu yang satu ini membuat orang terutama dari kalangan facebooker berbondonng-bondong menyumbangkan uang koin demi menyelesaikan kasusu prita. Coba kita bayangkan terhadap orang yang berada di sekitar kita, adakah orang yang tidak mampu disana ? jika yang mungkin kita tidak akan terlalu peduli karena kasusnya belum termuat ke faceboook.

2. Banyak kasus penipuan dari facebook

Facebook membuat banyak tempat bagi siapa saja untuk membuat iklan, para pembuat iklan banyak yang memalsukan data pada iklan, mereka menawarkan sebuah barang dengan harga yang sangat murah dibanding di pasaran, namun kenyataannya ketika telah mentransfer uang untuk membeli barang yang termuat dalam iklan facebook, barang yang ditunggu-tunggu tidak sampai-sampai. Contoh kasusu yang dilansir dari Bangkapost.com menyebutkan Amrino Saputra telah mengalami Penipuan di facebook. Amrino telah mentransfer uang sebanyak 4 juta atas baju yang dipesannya, namun setelah ditunggu-tunggu barang yang dipesannya tidak sampai-sampai, kasus ini sekarang masih dalam penyelidikan polisi.

3. Bahaya Pencemaran Nama baik dan peencurian data personal

dari beberapa wawancara kepada senior di SMA Negeri Sumatera selatan diketahui banyak dari akun mereka yang diambil alih oleh orang lain atau bahasa kerennya di hack, orang yang melakukan pengendalian itu atau yang biasa dipanggil hacker tidak saja mengganti password akun pengguna, namun tidak sedikit dari hacker menggunakan facebook orang lain untuk menipu keluarga atau sahabat nya, mengatasnamakan pemilik facebook sang hacker tidak segan-segan untuk meminta sejumlah uang kepada teman facebook sang pemilik. Selain kasus tersebut hal yang sering dilakukan para hacker adalah memosting foto atau video porno kepada akun facebook orang lain, dan menyebarkannya, sehingga sang pemilik facebook akan terkejut melihat apa yang telih diposting dari facebooknya, sang pemilik facebook akan merasa malu dan berusaha mengkonfirmasi bahwa yang mengirimkan postingan tersebut bukannlah dia terhadap semua orang yang telah dikirimi postingan kotor itu.

Dari gambaran diatas dapat disimpulkan bahwa facebook itu laksana pisau bermata dua, tidak hanya bermanfaat untuk sang pengguna namun salah-salah dapat melukai pengguna itu sendiri, inilah dilema dari facebook banyak fitur-fitur bagus yang ditawarkan, namun tetap saja banyak juga efek negatif bagi penggunaan facebook itu sendiri.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s