Kok Semua pada NGIGAU?

Kok Semua pada NGIGAU?

By : Achyar Ulul Amri

                Secara bahasa ngigau diartikan sebagai kegiatan sesorang baik (berbicara ataupun bergerak) dalam keadaan saat tidur. Dalamk dunia medis sendiri kegiatan saat tidur ini disebut dengan parasomnia.

                Dalam banyak kasus, setelah mengigau dalam tidurnya seseorang akan lupa apa yang ia katakana atau pun yang ia lakukan saat tidur. Efek lain dari mengigau dalam beberapa kasus bisa membuat penderitanya merasa kelelahan setelah bangun.

                Bertolak dari pengalaman teman-teman saya yang berada satu kamar dalam asrama membuat saya tertarik untuk membuat tualisan terkait masalah mengigau. Mulai dari junior yang masih kelas satu sampe senior yang sudah kelas tiga semuanya mengigau dan saya saksikan secara langsung.

                Setelah melihat dan mendengar apa yang teman saya igaukan dalam mimpi-mipi mereka, saya memembuat hipotesi bahwa penyebab seseorang mengalami igauan adalah karena kelelahan menjalani aktivitas, ketakutan akan sesuatu yang berlebihan, ataupun impian yang benar-benar ingin diwujudkan tapi belum terwujud.

                Masalah igauan di kamar saya diawali dari kasus seorang junior yang sering mengigau tidak jelas saat malam hari. Ada berbagai ekspresi ynag tercipta dari igauannya dariyang tidak jelas, berpidato, ataupun waspada seperti seeorang yang hendak diseorang seorang monster. Setelah melihat kejadian itu beberapa kali akhirnya anggota kamar menasihati nya untuk tidak terlalu kecapaian saat melakukan kegiatan dan berdoa sebelum tidur. Setelah menaati nasehat-nasihat dari anak kamar sijunior yang satu ini mengealami peneurunan frekuensi igauan dalam mimpi-mimpinya.

                Kasus mengigau ternyata terus berlanjut, kasus ini menyambar dua senior dalam kamarku, salah satu senior mengigau sperti orang bertelepon, namun ketika kulihat dengan seksama senior ku tersebut masih dalam keadaan tidur dan tidak memegang handphone sama sekali., untuk senior yang satunya memiliki igauan yang lebih aneh, ia menangis seperti melihat sesuatu yang sangat menyedihkan, dan diiukti gerakan orang memberontak, ketika aku melihat senior ku tersebut aku langsung membangunkannya.

                Kasus terakhir adalah yang kualami sendiri.akhir-akhir ini aku sibuk menyusun program untuk saloah satu organisasi disekolahku. Entah mengapa ketika tidur ternyata aku menanyakan sesuatu tentang oraganisasi itu terhadap junior yang ada di dalam kamar. Namun ternyata aku saat itu masih dalam keadaan tidur. Pada saat tidur aku yakin bahwa apa yang kukatakan kepada juniorku sangat jelas tetapi pada saat terbangun dari tidur aku bahkan tak tahu apa yang baru kutanyakan. Dan ketika kutanya tentang kejadian tersebut kepada juniorku , ia mengatakan bahwa pertanyaanku tidak jelas dan tidak bisa dimengerti. Aku sangat malu akan kejadian itu dan mentertawakan diriku sendiri. Setelah beberapa saat aku beristighfar kepada Allah swt.

                Pada hakikatnya ngigau adalah efek yang ditunjukkan oleh tubuh manusia saat seseorang tersebut tertidur, dan menunjukkan bahwa orang tersebut telah memaksakan tubuhnya untuk melakukan sesuatu lebih dari kemampuan tubuhnya. Ada dua tips yang mungkin bermanfaat bagi orang yang mengalami masalah mengigau, pertama tidak memaksakan tubuh sempai terlalu letih, dan berdoa sebelum tidur. Doa sebelum tidur : bismika Allahumma ahya wabismika amut.

Tinggalkan Balasan

